TEOREMA PERMUTASI

NAMA         : ZIA ALHAQ
NIM            : 21090115120071     

            Permutasi adalah susunan atau urutan-urutan yang berbeda satu sama lain yang terbentuk dari sebagian atau seluruh objek.

1.Permutasi dari unsur-unsur yang berbeda
            Susunan r unsur dari n unsur yang berlainan dengan memperhatikan urutan disebut permutasi r unsur dari n unsur (r ≤ n). Misalkan, kita diminta menyusun tiga huruf dari A, B, dan C, akan disusun 2 huruf dengan urutan yang berbeda, maka susunan yang diperoleh adalah AB, AC, BA, BC, CA, dan CB. Seluruhnya ada 6 susunan yang berbeda, setiap susunan ini disebut permutasi 2 unsur dari 3 unsur yang tersedia. Banyaknya permutasi r unsur dari n unsur dilambangkan dengan P(r,n). Penulisan lambang permutasi P(r,n) dapat juga ditulis nPr.
Rumus

Contoh
            Menjelang Pergantian kepengurusan BEM UNDIP akan dibentuk pengurus inti sebanyak 2 orang (terdiri dari ketua dan wakil ketua), calon pengurus tersebut ada 4 orang yaitu: a, b, c, dan d. Ada berapa pasang calon yang dapat duduk sebagai panitia inti tersebut?
Jawab:
     4P2 = 4! / (4-2)!
            = (4.3.2.1) / (2.1)
            = 24/2
            = 12
Jadi, banyaknya pasang calon yang berbeda dari empat orang tersebut adalah 12 pasang.

2. Permutasi Siklis
            Penentuan susunan melingkar dapat diperoleh dengan menetapkan satu objek pada satu posisi, kemudian menentukan kemungkinan posisi objek lain yang sisa, sehingga bila tersedia n unsur berbeda, maka banyaknya permutasi siklis dari n unsure adalah: 
Contoh

            


3. Permutasi Berulang
            Misalkan tersedia n unsur yang berbeda, banyak permutasi r unsur yang diambil dari unsur yang tersedia (dengan tiap unsur yang tersedia boleh ditulis berulang) sama dengan 


Contoh
            Berapa banyak bilangan yang terdiri atas dua angka yang disusun dari angka-angka 1, 2, dan 3 jika angka-angka yang tersedia boleh ditulis berulang?
Jawab:
        P = 32
            = 9
Jadi, banyak bilangan yang dapat disusun adalah 9 bilangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar